Friday, June 8, 2012

Lika-liku: " Harapan Jaya Band "

Harapan Jaya Band
 Masih ingat dengan grup band Harapan Jaya?
Aksi panggungnya konyol, padahal mereka main musik rock yang menguras energi. Vokalisnya ada dua, Eddi Brokoli dan Alvin. Tapi itu dulu. Sekarang mereka sudah ganti beberapa personil baru.

Harapan Jaya Band
Harapan Jaya berasal dari kota kembang Bandung, terdiri dari Juned (gitar), Ogie (gitar), Alvin (vokal), Edie (vokal), Ape (bass) dan Upiet (drum). Yang menonjol dari Harapan Jaya tentunya Edie Brokoli dengan rambut kribonya. Mereka menyebut musik yang mereka mainkan sebagai 'rock ceria' dengan lirik yang lumayan jenaka. Demi Ibu Pertiwi adalah album pertama Harapan Jaya, dirilis pada tahun 2000. Sebagai band pendatang baru mereka cukup sukses merebut hati pecinta musik Indonesia.


Eddi Brokoli dan Upiet, waktu itu pegang dram, yang ternyata pacaran, memilih keluar dari band dan bersolo karier. Eddi lebih laku jadi bintang iklan dan presenter, sementara Upiet tetap ngeband dengan band baru Boys Are Toys, yang personilnya semua cewek. 


Nama Harapan Jaya diakui diambil dari nama bus antar provinsi. Sejak berdiri mereka sudah membawakan lagu-lagu ciptaan dewek yang beraliran punk-rock dan lagu-lagu The Beatles (yang dikatakan dinyanyikan tanpa mereka mengerti apa sebenarnya arti lirik lagu-lagu tersebut!). 


Setelah beberapa personilnya hengkang, keberadaan band asal Bandung ini memang seperti ditelan bumi, tidak terdengar suaranya. Bubar? Ternyata tidak. Meski sibuk dengan beberapa side job, seperti Alvin sempat ngeband dengan band lain, juga gabung sebentar dengan off the record, recording label indie. 

Saat kali pertama muncul tahun 2000, Harapan Jaya langsung menarik perhatian lewat musik rock n roll dengan lirik ceria. Selain itu juga faktor gimmick lewat sosok Eddi Brokoli yang berambut kribo. Siapa lagi sih kribo yang populer di pentas musik setelah Ahmad Albar dan Ucok AKA ?.


Nama Harjay kemudian dikenal luas. Maaf, Eddi Brokoli lebih tepatnya. Eddi sempat jadi cameo di Ada Apa Dengan Cinta, lalu punya acara khusus di MTV Indonesia. Tapi dia lalu dipecat, kabarnya karena pada satu acara dia memakai kaos bertuliskan FUCK SHEILA ON 7.


Setelah merilis album kedua tahun 2002, situasi di Harjay mulai tidak kondusif. Eddi ketahuan berpacaran dengan Upit. Padahal sudah ada komitmen tidak ada hubungan asmara antar personel. Eddi akhirnya keluar. Kabarnya, Eddi juga dimusuhi oleh scene musik Kota Kembang karena sok ngartis, belagu. Legeg basa Sundanya.


Presiden Rock N Roll yang dirilis tahun 2004 menjadi album terakhir Harjay. Maskot hilang, ditambah lagi gitaris Ogi harus kuliah ke luar negeri. Harjay benar-benar bubar tahun 2006.

"HarJay tidak bubar, tapi memang personilnya tinggal Alvin, Ape, dan Ogie saja yang bertahan," jelas Sammy anggota HarJay yang baru. Juned yang biasa pegang gitar, memilih keluar karena menekuni agama. Hal lain yang baru, Harjay kini tidak lagi bergabung dengan EMI, label major yang menaungi dua album mereka sebelumnya. 


"Mereka sih ngajak kita gabung lagi, tapi apa gunanya karena dulu mereka yang menendang kita juga," jelas Sammy lagi. Jadi kini, HarJay memilih distribusi dengan jalur indie. "Kita bikin label sendiri, jadi tidak ada hubunganya dengan label major lagi," jelas Sammy semangat. 


Masih menurut Sammy, saat ini HarJay sedang mempersiapkan album ke-3. "Sudah selesai, kita sedang pikirkan untuk launching album di Jakarta dalam waktu dekat ini," imbuhnya sembari memberi ancar-ancar sekitar bulan Juni-Juli untuk bikin acara di Jakarta.

1 comment:

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Wabsite Saya...

Tags

Harus Anda Ketahui (247) Renungan (192) Lifestyle (177) Tips (169) Remaja (156) Dunia Perempuan (134) Unik (78) Tokoh (66) Politik (59) Inspirasi (57) Health (54) Motivasi (53) Pernikahan (46) PKS Day (45) Kontroversi (41) Ada-ada Saja (35) Pendidikan (27) Ukhuwah (25) Agama (21) IPTEK (19) Kata Mutiara dan Nasihat (18) Fenomena (16) Kisah Nyata (16) Prestasi (16) Album (15) Artis (15) Konspirasi (15) Sebuah Perubahan (15) Seksualitas (15) Sport (15) Coretan Ku (14) Moralitas (13) Music (13) Palestine (13) ValentineDay (13) Lucu (12) Provokasi (12) Keajaiban (11) Bandung (10) Syariah (9) Ungkapan (8) Mualaf (7) Training (6) Tutorial (6) Aneh Tapi Nyata (5) Pacar (5) Syi'ah (5) Video (5) Internasional (4) PERSIB (4) Sholat (4) Ramadhan (3) Fitnah (2) Otomotif (2) Bulughul Marom (1) Cek Nomor (1) Hadits (1) Penipuan (1) Situs (1)
" Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Saya, Jangan Lupa Komentarnya, Ya. Semoga Bermanfaat..."