Wednesday, September 12, 2012

Makanan Penangkal ( Tidur ) Mendengkur / Ngorok

Mendengkur / Ngorok
Disaat kita tidur saat itu juga adalah masa yang tenang untuk melepas kelelahan setelah seharian beraktivitas. Namun saat kita tidur mungkin ada gangguan yang membuat orang terganggu bahkan anda sendiri akan terbangun karena masalah ini. Mendengkur terkadang menjadi masalah yang familiar ketika kita tidur. Apabila teman anda tidur mengorok saat anda sedang beristirahat juga, maka anda akan terganggu dengan suara tersebut.

Namun jika mendengkur dibiarkan maka akan berpengaruh pada kesehatan anda. Efek dari mendengkur yang lain adalah sulit untuk berkonsentrasi dan mudah lupa dalam mengerjakan sesuatu. Jika ini dibiarkan dalam jangka yang panjang bisa jadi berubah menjadi penyakit kronis seperti stroke, hipertensi hingga penyakit jantung. Mengerikan ,bukan?


Mendengkur bisa terjadi salah satunya selain cara tidur adalah dari cara kita mengonsumsi makanan. Makanan yang kurang sehat bisa menjadi faktor tidur mendengkur. Untuk mencegah mendengkur, ada beberapa makanan yang dapat menangkal kita tidur mendengkur.

1. Madu

Dengan anda mengosumsi madu sebelum tidur, akan mengurangi sesak di pangkal tenggorokan. Fungsi lain dari madu adalah menyembuhkan luka, sariawan peradangan serta pembengkakan tenggorokan yang menjadi salah satu faktor mendengkur.

Sebelum tidur, anda dapat mengonsumsi madu 1 cangkir agar and dapat tidur dengan nyenyak.

2. Teh

Teh dipercaya memiliki banyak manfaat karena selain menyegarkan teh juga memiliki kandungan antioksidan yang melawan segala penyakit. Teh hijau, teh hitam jika dicampur dengan madu dan lemon maka cara ini lebih efektif untuk menghilangkan dengkuran saat tidur. Namun yang paling efektif untuk mengatasi dengkuran adalah teh mint. Didalam daun mint terdapat dekongestan komersial yaitu zat yang dapat menyusutkan selaput hidung yang membengkak sehingga membuat pernafasan menjadi lega.

3. Lemak sehat

Lemak ini dapat di temukan pada minyak zaitun, minyak dari biji bunga matahari dan canola. Lemak sehat ini atau lemak tak jenuh ini memiliki asam lemak yang sehat yang dapat menurunkan sekaligus mengobati peradangan pada tenggorokan anda.

4. Susu kedelai

Untuk mengonsumsi protein, kedelailah yang terbaik meskipun susu sapi tidak kalah baiknya namun pada susu sapi memiliki laktosa sehingga beberapa orang yang alergi dan bisa menyebabkan orang tidur mendengkur.

5. Ikan

Lemak yang jenuh terbanyak dimiliki oleh daging yang berwarna merah seperti ayam, sapi, kambing dan lainya. Untuk mengimbanginya, anda dapat mengonsumsi daging yang memiliki lemak sehat seperti ikan karena mendengkur terjadi karena banyak lemak yang jenuh menyumbat pembuluh darah sehingga suplai oksigen ke hidung menjadi terhambat sehingga terjadilah mengorok. Dengan anda mengganti daging ikan, lemak jahat dalam tubuh anda bisa dinetralisir.

Selain dari cara makan diatas, kebiasaan hiduplah yang dapat mengurangi mendengkur seperti berhenti merokok, hindari minuman beralkohol agar anda tetap sehat.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Wabsite Saya...

Tags

Harus Anda Ketahui (247) Renungan (192) Lifestyle (177) Tips (169) Remaja (156) Dunia Perempuan (134) Unik (78) Tokoh (66) Politik (59) Inspirasi (57) Health (54) Motivasi (53) Pernikahan (46) PKS Day (45) Kontroversi (41) Ada-ada Saja (35) Pendidikan (27) Ukhuwah (25) Agama (21) IPTEK (19) Kata Mutiara dan Nasihat (18) Fenomena (16) Kisah Nyata (16) Prestasi (16) Album (15) Artis (15) Konspirasi (15) Sebuah Perubahan (15) Seksualitas (15) Sport (15) Coretan Ku (14) Moralitas (13) Music (13) Palestine (13) ValentineDay (13) Lucu (12) Provokasi (12) Keajaiban (11) Bandung (10) Syariah (9) Ungkapan (8) Mualaf (7) Training (6) Tutorial (6) Aneh Tapi Nyata (5) Pacar (5) Syi'ah (5) Video (5) Internasional (4) PERSIB (4) Sholat (4) Ramadhan (3) Fitnah (2) Otomotif (2) Bulughul Marom (1) Cek Nomor (1) Hadits (1) Penipuan (1) Situs (1)
" Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Saya, Jangan Lupa Komentarnya, Ya. Semoga Bermanfaat..."