Monday, January 6, 2014

Hilang Dompet karena Pergi Tanpa Izin Suami

Ini kisah tentang seorang ibu yang kehilangan dompetnya ketika dia menjemput anaknya yang sudah pulang sekolah. Awalnya si ibu ini pergi ke sekolah untuk menjemput anaknya, namun setelah menjemput si ibu ini tidak langsung pulang kerumah, dia dan anaknya melanjutkan pergi ke rumah temannya. Sambil mengayuh sepedahnya, ibu dan anak ini sampai dirumah teman si ibu ini.

Tak lama singgah dan mungkin urusannya sudah beres, merekapun pulang, namun setengah perjalanan si ibu ini baru sadar ketika akan membayar membeli sesuatu di pinggir jalan, kalau dompetnya tidak ada. Akhirnya dia bingung, mau terusin pulang butuh dompet dan sejumlah uangnya atau biarkan saja tidak dicarinya? Akhirnya di kembali pergi menyusuri jalan yang tadi dia lewati untuk mencari dompetnya yang hilang.


Dari kejadian ini dapatlah kita simpulkan, mungkin si ibu ini telah salah mengapa dia tidak langsung pulang saja setelah menjemput anaknya, malah pergi ke twempat temannya. Mungkin kalo tidak ke temannya dompet tidak hilang, karena kebetulan hilangnya setelah tadi menempuh ke rumah temannya itu. Tapi mungkin juga tidak hilang. Atau mungkin juga karena dia pergi keluar rumah tanpa sepengetahuan suaminya, karena si suami tahunya keluar rumah hanya menjemput anaknya saja. Allohu a’laam.

Kalau merujuk pada izin suami, telah di contohkan dahulu ketika jaman Rasulullah dan juga ada hukumnya keluar rumah. Mendapat izin suami (bagi yang su¬dah menikah) atau orangtua (bagi yang belum menikah). Maka, haram bagi seorang anak atau seorang istri untuk keluar rumah untuk urusan atau kegiatan apa pun, walaupun ma¬salah yang sepele seperti mem¬buang sam¬pah dan lain-lain, kecuali dengan izin orangtua atau suami. Bah¬kan, begitu banyak ancaman bagi seorang istri yang keluar rumah tanpa seizin sua¬minya, sebagai¬mana diriwayatkan da¬lam sebuah hadits:

“Ya Rasulullah, apakah hak suami atas istrinya?”

Beliau menjawab, “Hak suami atas istri adalah tidaklah ia (istri) keluar rumah kecuali dengan izin dari suami. Jika ia me¬lakukannya (keluar tanpa izin), ma¬laikat langit, malaikat rahmat, dan malai¬kat adzab melaknatnya sampai ia pulang.”

Hal inilah yang paling sering dilupa¬kan para muslimah. Tak sedikit di antara mereka yang dalam aktivitas dan ruti¬nitasnya, baik dalam hal keagamaan mau¬pun lainnya, izin dari pihak orangtua maupun suami terabaikan. Padahal izin adalah hal yang harus didapat, dan sama sekali tak boleh dipandang ringan.

Nah, mungkin si ibu yang kehilangan dompet tadi telah melakukan kesalahan yang mengakibatkan dompetnya hilang. Allohu A’lam. Semua hal yang terjadi di bumi ini sudah menjadi takdir/ketentuan Alloh Yang Maha Kuasa Segalanya, marilah kita taati peraturannya dan jauhi larangannya.

Mohon Maaf, bila tulisan saya ini tidak berkenan maklum baru belajar menulis. Namun intinya saya ingin berbagi ilmu yang telah saya dapat, semoga dan mudah2an bermanfaat.

-

No comments:

Post a Comment

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Wabsite Saya...

Tags

Harus Anda Ketahui (247) Renungan (192) Lifestyle (177) Tips (169) Remaja (156) Dunia Perempuan (134) Unik (78) Tokoh (66) Politik (59) Inspirasi (57) Health (54) Motivasi (53) Pernikahan (46) PKS Day (45) Kontroversi (41) Ada-ada Saja (35) Pendidikan (27) Ukhuwah (25) Agama (21) IPTEK (19) Kata Mutiara dan Nasihat (18) Fenomena (16) Kisah Nyata (16) Prestasi (16) Album (15) Artis (15) Konspirasi (15) Sebuah Perubahan (15) Seksualitas (15) Sport (15) Coretan Ku (14) Moralitas (13) Music (13) Palestine (13) ValentineDay (13) Lucu (12) Provokasi (12) Keajaiban (11) Bandung (10) Syariah (9) Ungkapan (8) Mualaf (7) Training (6) Tutorial (6) Aneh Tapi Nyata (5) Pacar (5) Syi'ah (5) Video (5) Internasional (4) PERSIB (4) Sholat (4) Ramadhan (3) Fitnah (2) Otomotif (2) Bulughul Marom (1) Cek Nomor (1) Hadits (1) Penipuan (1) Situs (1)
" Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Saya, Jangan Lupa Komentarnya, Ya. Semoga Bermanfaat..."